TOPIK BEBAS

<Jakarta – Polri menggencarkan hotline Quick Wins 112 dan SMS 1120. Melalui kedua saluran ini diharapkan masyarakat bisa memantau proses penyidikan kasus hingga pengawasan personel Polri.

“Ada empat langkah yang akan dilakukan secara optimal, yakni transparansi bidang penerimaan anggota Polri. Lalu transparansi bidang pelayanan, seperti misalnya pengurusan SIM yang nanti pembayaran bisa via ATM. Transparansi bidang pendidikan dan karir personel Polri dan yang paling penting transparansi proses penyidikan kasus,” ujar Kepala Bidang Transnational Crime Center Bareskrim Polri Kombes (Pol) Wilmar Manurung.

Hal ini dikatakannya pada acara Penyerahan Lomba Mural Anti Violence dan sosialisasi Quick Wins Polri 112 dan SMS 1120, Jl Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2009).

Khusus untuk transparansi penyidikan kasus, pihak Bareskrim Polri akan mempublikasikan setiap perkembangan proses penyidikan perkara tindak pidana lewat web site. Sehingga masyarakat akan terus bisa memantau sejauh mana perkembangan sebuah proses penyidikan.

“Misalnya kasus apa, tinggal klik nomornya di web site, nanti akan digambarkan sejauh mana tahapan perkembangan penyidikan,” katanya.

Selain lewat web site, transparansi penyidikan itu juga dalam bentuk pengeluaran Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) pada pihak-pihak yang terkait dengan kasus. Sehingga perkembangannya bisa terus dipantau secara transparan.

“Setiap tahapan, laporan hingga sampai penyerahan laporan ke Kejaksaan, akan dikirimkan SP2HP-nya sesuai tahapan penyidikan,” jelasnya.

Diharapkan, publik dapat kembali mempercayai Polri dan menilai bahwa institusi itu punya komitmen kuat untuk mereformasi diri.

“Kita targetkan, 2010 kepercayaan publik bisa pulih kembali,” pungkasnya.

Satu Tanggapan to “TOPIK BEBAS”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: